Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan YME, atas berkat limpahan
rahmatnya. Kami bisa membuat karya ilmiah ini tanpa hambatan besar. Kami
ucapkan terima kasih kepada Ibu Martina selaku pembimbing kami dalam membuat
karya ilmiah ini dan kepada teman – teman setim yang berkerja keras untuk
membuat karya ilmiah ini.
Adapun tujuan kami membuat karya ilmiah ini adalah dalam
rangka memenuhi tugas Bahasa Indonesia yang diasuh oleh beliau. Kami berharap
semoga karya ini bisa menambah wawasan teman – teman, terutama teman – teman
SMA Negeri 2 Pontianak.
Pontianak, 17 November
2013
Tim Penulis
Daftar isi halaman
Kata Pengantar 2
Bab I
1.
Latar Belakang 4
2.
Rumusan masalah 5
3.
Tujuan penulisan 5
4.
Ruang lingkup pembatas masalah 5
5.
Landasan teori 5
6.
Sumber data 5
7.
Metode dan Teknik Pengumpulan Data 5
8.
Sistematika penulisan 5
Bab II
1.
Pengertian sejarah 7
2.
Pengertian sejarah kebudayaan 7
3.
Bentuk peradaban dan kehidupan pada zaman
sejarah 7
4.
Peninggalan sejarah 9
Bab III
1.
Kesimpulan 11
2.
Saran 11
Daftar pustaka 12
BAB I
Pendahuluan
A.
Latar belakang
Indonesia adalah sebuah Negara yang terdiri dari beribu –
ribu pulau, sehingga memiliki berbagai macam peninggalan sejarah dan peninggalan
budaya masa lampau yang harus dijaga. Baik berupa bentuk fisik dan bentuk
non-fisik. Kata budaya berasal dari kata Sanskerta buddhayah, yaitu bentuk jamak dari kata budhi yang berarti budi atau akal. (Effendhie, 1999:1)
Sementara itu, pakar Antropologi menggunakan istilah
kebudayaan dengan dua cara, yaitu dalam pengertian umum dan pengertian khusus.
Penggunaan kata kebudayaan dalam pengertian umum untuk menunjukkan apa saja
yang diperoleh manusia dengan belajar dan pengembangannya dalam pengetahuan,
kelembagaan, kebiasaan, keterampilan dan sebagainya. Adapun dalam pengertian
khusus, istilah kebudayaan digunakan untuk menunjukkan bentuk kehidupan secara
total dari anggota – anggota suatu kelompok atau komunitas tertentu (Effendhie,
1999:2)
Dari pandangan beberapa ilmuwan, Koentjaranigrat merumuskan
tujuh unsur kebudayaan. Dengan memperhatikan unsur kebudayaan yang pertama kali
dikuasai manusia adalah bahasa. Ketujuh unsur kebudayaan tersebut dapat
diurutkan sebagai berikut.
1.
Bahasa (bahasa lisan dan tertulis)
2.
Sistem peralatan dan perlengkapan hidup manusian
atau system teknologi (alat – alat produksi, distribusi, dan transportasi,
wadah dan tempat – tempat untuk menyimpan, makanan dan minuman, pakaian dan
perhiasan, tempat berlindung dan perumahan, serta sejata)
3.
Sistem mata pencaharian hidup atau sitem ekonomi
(berburu dan meramu, perikanan, bercocok tanam, pertenakan, serta perdagangan);
4.
Sistem kemasyarakatan atau organisasi social
(kekerabatan, sistem kesatuan hidup, asosiasi dan perkumpulan-perkumpulan,
serta sistem kenegaraan);
5.
Sistem pengetahuan (pengetahuan tentang flora
dan fauna; tentang waktu, uang, dan bilangan; serta pengetahuan tentang tubuh
manusia dan perilaku antarsesama manusia);
6.
Sistem religi (sistem kepercayaan, sistem nilai
dan pandangan hidup, komunitas keagamaan, serta upacara keagamaan); dan
7.
Kesenian (seni patung, relief, lukis, gambar,
rias, vocal, instrumental, kesusastraan, dan drama). (Effendhie, 1999:4)
Ketujuh budaya itu adalah nilai – nilai yang selalu melekat
di masyarakat Indonesia sejak dulu, namun seiring perkembangan zaman dan
pengaruh globalisasi. Banyak muda – mudi Indonesia yang mulai melupakannya.
Karena itu kami membuat karya ini agar teman – teman kembali mengingat dan
menjaga baik nilai – nilai budaya maupun peninggalan sejarah kebudayaan negeri
pertiwi.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa itu sejarah?
2.
Apa itu sejarah kebudayaan?
3.
Bagaimana peradaban dan kehidupan pada zaman sejarah?
4.
Apa saja peninggalan bersejarah?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Memahami pengertian sejarah
2.
Memahami pengertian sejarah kebudayaan
3.
Memahami kehidupan pada zaman sejarah, baik pada
zaman praaksara maupun aksara
4.
Mengetahui, menjaga, dan melestarikan
peninggalan bersejarah, baik dari zaman praaksara maupun aksara, ataupun
peninggalan kebudayaan di Indonesia
D.
Ruang Lingkup Pembatas Masalah
Kami membatasi masalah – masalah yang ada di atas sebagai berikut.
1.
Pengertian sejarah
2.
Pengertian sejarah kebudayaan
3.
Peradaban dan kehidupan pada zaman praaksara dan
aksara, pada zaman aksara kami membatasi hanya penyebaran agama hindu-budha.
4.
Hanya menyebutkan peninggalan – peninggalan pada
zaman praaksara maupun aksara, baik dari bangunan maupun budaya.
E.
Landasan Teori
Landasan teori kami berdasarkan dari fakta – fakta dan teori – teori yang
ada dalam sumber data kami.
F.
Sumber Data
Sumber data kami berasal dari buku – buku yang kami baca dan kami pinjam
dari perpustakaan, atau buku milik pribadi.
G.
Metode dan Teknik Pengumpulan Data
Metode dan teknik yang kami gunakan adalah meringkas dan mencatat inti
dari paragraph sumber data kami.
H.
Sistematika Penulisan
Sistimatika ini terdiri dari tiga bab. Bab pertama yang berupa
pendahuluan berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan,
ruang lingkup pembatasan masalah, landasan teori, sumber data, metode dan
teknik pengumpulan data, serta sistematika penulisan. Bab kedua berisi
pembahasan yang membahas masalah pengertian sejarah dan sejarah kebudayaan, bentuk
perdaban dan kehidupan pada zaman sejarah,
beserta peninggalan sejarah. Sementara bab ketiga berisi kesimpulan dan
juga saran.
BAB II
Pembahasan
Pembahasan
A.
Pengertian Sejarah
Kata sejarah dalam bahasa Indonesia berasal
dari bahasa Melayu, dan bahasa Melayu mengambil alih dari kata Arab:
“Syajarah”. Ada banyak kemungkinan pengertian dari kata ini, yaitu: pohon,
keturunan, asal usul, bahkan dapat disamakan dengan pengertian silsilah, riwayat,
babad, tarikh dan tambo. (Giyono, 2004:2)
Dalam bahasa Inggris, sejarah disebut
sebagai “history” yang dapat diartikan sebagai, sesuatu yang telah berlalu,
suatu peristiwa atau suatu kejadian. Kata “history” sendiri berasal dari bahasa
Yunani yang memiliki arti : pengetahuan yang diperoleh dari suatu penyelidikan.
Atau jika diperluas pengertiannya menjadi ilmu yang berusaha menentukan dan
mewariskan pengetahuan. (Giyono, 2004:2)
Sedangkan menurut sebuah ensiklopedia
terkemuka, New American Encyclopedia, disebut bahwa, sejarah meliputi kegiatan
manusia yang berhubungan dengan peristiwa – peristiwa tertentu, ditempatkan
dalam relasi kronologis antara yang satu dengan yang lan. . (Giyono, 2004:2)
B.
Pengertian Sejarah Kebudayaan
Sejarah kebudayaan merupakan cabang atau
spesialisasi dari ilmu sejarah yang secara khusus mempelajari perkembangan
kebudayaan dari waktu ke waktu dari masa lampau, atau lebih umum dapat
dirumuskan bahwa sejarah kebudayaan adalah sejarah dari segala aspek kebudayaan
dan kehidupan manusia
C.
Bentuk Peradaban dan Kehidupan Pada Zaman
Sejarah
Zaman sejarah terbagi atas dua zaman, yaitu
prasejarah atau yang lebih kita kenal dengan sebutan praaksara dan zaman
sejarah yang kita kenal dengan sebutan aksara.
1.
Zaman Praaksara
Zaman praaksara adalah zaman dimana manusia purba belum mengenal tulisan,
sehingga kehidupan mereka masih sangat sederhana. Menurut Machmoed Effendhie
dalam bukunya yang berjudul Sejarah Budaya, zaman ini dibagi menjadi dua, yaitu
zaman batu dan zaman logam.
a.
Zaman Batu (Berburu dan Meramu)
Pada zaman ini ditandai dengan penggunaan alat – alat berburu dan rumah
tangga yang semuanya terbuat dari batu. Pada zaman itu logam belum dikenal
tetapi alat – alat lain yang terbuat dari kayu dan bambu kemungkinan sudah
dipergunakan. (Effendhie, 1999:12)
Zaman batu masih dirinci lagi ke dalam tiga zaman, yaitu zaman batu tua
atau paleolithikum, zaman batu madya atau mesolithikum, dan zaman batu muda
atau neolithikum. (Effendhie, 1999:12-13)
Pada zaman batu tua bentuk peradabannya masih sangat sederhana. Alat –
alat untuk berbutu dan alat – alat untuk menunjang kehidupannya terbuat dari
batu yang dikerjakan secara kasar dan tidak diasah. Manusia masa itu belum
memiliki tempat tinggal yang tetap. Mata pencaharian orang pada waktu itu
dengan berburu dan meramu, yaitu berburu binatang atau ikan dan meramu daun –
daunan yang dapat di makan. (Effendhie, 1999:13)
Pada zaman batu tengah, sebagian orang – orangnya sudah bertempat tinggal
di goa – goa atau d pinggir pantai. Alat – alat yang digunakan masih sama
dengan alat pada zaman batu tua tetapi pembuatannya lebih halus. Mata
pencaharian orang – orang pada waktu itu hidupnya juga berburu, menangkap ikan
dan mengumpulkan makanan dari buah – buahan, umbi – umbian dan lain – lain
(berburu tingkat lanjut). (Effendhie, 1999:13)
Pada zaman batu muda orang sudah mulai bertepat tinggal menetap dan
bercocok tanam. Alat – alat batu sudah diasah dan semakin halus. Mereka sudah
pandai membuat tembikar dan menenun. (Effendhie, 1999:13)
b.
Zaman Logam (Bercocok Tanam Tingkat Lanjut dan
Perundagian)
Pada zaman ini alat – alat yang terbuat dari logam digunakan untuk
menunjang keperluan hidupnya. Mereka sudah\ menguasai teknik peleburan dan
pencetakan logam. Penguasaan teknik peleburan dan pencetakan menunjukkan bahwa
kebudayaan mereka sudah lebih maju dibandingkan dengan zaman batu. Zaman logam
meliputi zaman tembaga, zaman perunggu dan zaman besi. (Effendhie, 1999:13)
2.
Zaman Aksara
Zaman aksara adalah zaman dimana manusia purba telah mengenal tulisan,
dan zaman di aksara yang akan kami hanya satu, yaitu:
a.
Zaman Hindu-Budha
Masa pengaruh India di Indonesia oleh para ahli sering disebut dengan
istilah masa manusia kuna. Masa Indonesia kuna ini ditandai dengan masuknya
pengaruh budaya India yang kemudian bertemu dengan kebudayaan asli Indonesia.
(Effendhie, 1999:53)
Pada dasarnya masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budha d
Indonesia dibawa oleh para pedagang. Baik pedagang india yang datang ke
Indonesia maupun para pedagang Indonesia yang datang berlayar ke India. Tetapi
di lain pihak, terdapat beberapa teori tentang penyebaran agama Hindu di
Indonesia, diantaranya sebagai berikut:
v
Teori Waisya
Menurut N.J. Krom proses terjadinya hubungan antara
India dan Indonesia karena adanya hubungan perdagangan. Pedapat Krom tersebut didasarkan
penelaah dia pada proses Islamisasi di Indonesia yang dilakukan oleh para
pedagang Gujarat. Bukan hal yang mustahil, proses masuknya budaya Hindu-Budha
di Indonesia dilakukan dengan cara yang sama. (Rubiyanto,2006:2)
v
Teori Ksatria
Para Ksatria membantu raja – raja pribumi untuk
memperluas wilayah mereka, sebagai hadiah mereka menyerahkan putri mereka untuk
dinikahkan. Kemudian mereka membangun koloni tersendiri yang berkembang menjadi
kerajaan. (Rubiyanto,2006:3)
v
Teori Brahmana
Para pedagang India datang ke Indonesia sebagian besar
berasal dari kalangan masyarakat biasa sehingga tidak muncul pengaruh budaya
yang membawa perubahan – perubahan dalam bidang ketatanegaraan dan keagamaan di
Indonesia. Sebaliknya telah terjadi perubahan – perubahan kebudayaan dan
keagamaan di Indonesia. (Rubiyanto,2006:4)
v
Teori Arus Balik
Menurut teori ini yang pertama kali datang ke Indonesia
adalah mereka yang memiliki semangat untuk menyebarkan Hindu-Budha, yaitu para
intelektual yang ikut menumpang kapal – kapal dagang. Setelah tiba di
Indonesia, mereka menyebarkan agamanya. (Rubiyanto,2006:4)
D.
Peninggalan Sejarah
Ø
Zaman Praaksara
§
Kapak persegi
§
Kapak corong
§
Moko
§
Nekara
§
Perhiasan – perhiasan yang terbuat dari besi
Ø
Zaman Aksara
·
Prasasti
·
Candi
·
Yupa
Ø
Peninggalan kebudayaan
ü
Rumah adat
ü
Wayang
ü
Lagu daerah
ü
Didong
ü
Wor
ü
Tari Rakyat
Bab III
Kesimpulan dan Saran
1. Kesimpulan
Indonesia adalah negeri yang memiliki banyak kebudayaan serta peninggalan
– peninggalan yang sudah seharusnya dijaga dan dilestarikan, hal ini dibuktikan
dengan banyaknya peninggalan – peninggalan yang dimiliki Indonesia.
2. Saran
Sebaiknya kita menjaga dan melestarikan peninggalan – peninggalan kita,
terutama warisan kebudayaan. Agar peninggalan – peninggalan itu tidak hanya
menjadi cerita belaka bagi generasi mendatang.
Daftar
Pustaka
Pratiwi. A.E. 1999, Sejarah
Budaya. Pontianak. Depatermen Pendidikan dan Kebudayaan.
Saraswati, Nabilla. 2006, Buku Ajar SEJARAH Program IPS. Pontianak. CITRA PUSTAKA.
Anggraini. Ria. 2004, Modul
SEJARAH untuk SMA kelas X. Pontianak. Tim MGMP & Kelompok Kerja
Pengembangan Kurikulum Sejarah SMA DKI Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar